Berita / Detail Berita
Administrator / 04/06/2024
Tekan Titik Rawan Korupsi, Bappenda NTB Integrasikan Database Pajak Daerah dengan Sistem Perizinan DPMPTSP

 

Mataram – Sebagai salah satu Perangkat Daerah Provinsi NTB yang menyediakan layanan dan bersentuhan langsung dengan publik, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah terus berupaya meningkatkan kualitas layanan publik sekaligus meminimalisir titik-titik rawan korupsi. Diantaranya adalah dengan implementasi serta menindaklanjuti Monitoring Center for Prevention (MCP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Salah satu bentuk tindak lanjut yang harus dilakukan sebagaimana rekomendasi MCP KPK adalah mengintegrasikan database pajak daerah dengan sistem perizinan dan keuangan daerah.

Selasa, 4 Juni 2024, Kepala Sub Bidang Pengembangan Teknologi Informasi Pendapatan Daerah, Sena Puja, S.T., M.Eng., bersama Kepala Sub Bidang Pengendalian, Ery Anggriani, S.STP., bersama dengan tim IT Bappenda Provinsi NTB berkoordinasi dengan Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Wahyu Hidayat, S.STP., M.AP., guna membahas terkait integrasi sistem layanan.

“Untuk sementara, ini adalah langkah pertama yang kita lakukan untuk mengintegrasikan sistem layanan pajak daerah dengan perizinan yang menjadi kewenangan Provinsi NTB. Harapannya adalah sebelum terbitnya izin tertentu nantinya akan divalidasi dulu tax clearance nya oleh DPMPTS,’’ sebut Ery.

Sementara itu, ditambahkan oleh Sena, bahwa Langkah integrasi ini merupakan alternatif paling memungkinkan untuk bisa mengintegrasikan data base pajak daerah dengan sistem layanan perizinan di Provinsi NTB.

“Kalau dari sisi teknis tentunya yang paling utama adalah bagaimana integrasi bisa dilakukan dengan sistem OSS perizinan pusat. Namun untuk sementara ini kita fokus untuk integrasi dengan jenis-jenis layanan perizinan yang masih menjadi kewenangan pemerintah provinsi, seperti izin trayek dan lain sebagainya,” pungkas Sena.

Share Berita :

DR/EA
NOPOL
Wilayah

Lokasi Kantor

Pelayanan samsat 24 jam nonstop tersebar di 10 UPTB-UPPD masing-masing Kabupaten/Kota di Provinsi NTB

Jumlah Pengunjung

2 9 6 5 9 6

Beri Saran dan Masukkan Untuk Kami