Berita / Detail Berita
Administrator / 07/06/2024
e-Samsat Delivery, Praktik Baik Bappenda NTB Mudahkan Pembayaran PKB

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi NTB, Hj. Eva Dewiyani, memaparkan berbagai inovasi dan praktik baik yang telah dilakukan pada kegiatan Lokakarya Pemetaan Produk Pengetahuan dan Praktik Baik Lingkup Perangkat Daerah Provinsi NTB, Jumat 7 Juni 2024.

Dalam paparannya, Hj. Eva menjelaskan tentang inovasi e-Samsat Delivery yang menjadi inovasi andalan Bappenda Provinsi NTB dalam rangka memberikan kemudahan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor bagi masyarakat.

Menurut penjelasannya, inovasi e-Samsat Delivery merupakan inovasi dari Tim Pembina Samsat Provinsi NTB yang pertama dan satu-satunya di Indonesia guna memberikan kemudahan pembayaran pajak kendaraan secara online.

"Ada sekitar 93 unit layanan dan berbagai inovasi yang kita miliki, namun dalam waktu yang singkat ini saya ingin menyampaikan tentang inovasi e-Samsat Delivery yang merupakan inovasi pertama dan satu-satunya di Indonesia," papar Hj. Eva.

Lahirnya inovasi ini, lanjutnya, dilatarbelakangi oleh rendahnya kepatuhan wajib pajak. Disebut oleh Hj. Eva bahwa terdapat jumlah potensi tunggakan yang ada sampai saat ini sekitar 1,3 Triliun dimana setengah dari tunggakan tersebut merupakan kendaraan tidak aktif.

Oleh karenanya, dengan melihat potensi tunggakan tersebut serta dengan memperhatikan perkembangan teknologi informasi serta budaya digital masyarakat, Bappenda Provinsi NTB melahirkan inovasi e-Samsat Delivery yang telah diluncurkan pada 11 Februari 2023 yang lalu.

"Kita ingin orang yang ingin membayar pajak bisa lebih mudah dan bahwa Samsat itu tidak ribet," pungkasnya di Hotel Santika, dimana kegiatan ini merupakan inisiasi dari SKALA NTB.

Adapun manfaat menggunakan e-Samsat Delivery, diantaranya pembayaran pajak kendaraan jauh lebih mudah, tidak perlu datang ke unit layanan samsat dan tidak mengantre serta ketepatan jumlah pembayaran yang telah didukung dengan sistem QRIS dinamis.

Share Berita :

DR/EA
NOPOL
Wilayah

Lokasi Kantor

Pelayanan samsat 24 jam nonstop tersebar di 10 UPTB-UPPD masing-masing Kabupaten/Kota di Provinsi NTB

Jumlah Pengunjung

2 9 6 6 6 5

Beri Saran dan Masukkan Untuk Kami