Close
  • Email utama

    bappenda@ntbprov.go.id
  • Call Center

    1500186
  • Berita
  • /
  • Berita Bappenda Provinsi NTB

Bayar Pajak Kendaraan Bisa Pakai Sampah Plastik

Dalam pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), telah tersedia beragam metode, baik dengan metode pembayaran offline dengan mendatangi langsung loket pembayaran dan Mobil Samsat Keliling yang tersedia hampir di seluruh daerah di NTB, maupun dengan pembayaran secara online melalui berbagai inovasi yang telah ada seperti e-Samsat hingga Samsat Delivery.

Inovasi dalam metode pembayaran PKB tidak berhenti disitu. Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi NTB mengeluarkan wacana tentang pembayaran PKB menggunakan sampah plastik. Hal ini sekaligus bertujuan untuk mendukung program NTB Zero Waste 2023 serta menggencarkan Gerakan Nasional Pilah Sampah Mulai dari Rumah Tangga.

Untuk merealisasikan inovasi layanan Samsat dengan metode pembayaran menggunakan sampah plastik tersebut, Bappenda Provinsi NTB akan menjalin kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi NTB dan Bank Sampah NTB. Rencananya, Bappenda Provinsi NTB akan menyiapkan layanan khusus mobil Samsat Keliling yang akan menerima pembayaran PKB menggunakan sampah plastic yang dalam waktu dekat akan diluncurkan bersamaan dengan pelaksanaan Gebyar Pajak Kendaraan Bermotor Tahun 2019 di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Diluncurkannya inovasi layanan Samsat terbaru di KLU ini juga menandai bangkitnya KLU pasca gempa setahun lalu. (hms/bpnd)

Share :


Berbagi itu indah !!