Close
  • Email utama

    bappenda@ntbprov.go.id
  • Call Center

    1500186
  • Berita
  • /
  • Berita Bappenda Provinsi NTB

Samsat Gerung Terima Sertifikat ISO

Penyerahan sertifikat ISO 9001:2015 diserahkan oleh badan sertifikasi kepada Kepala Samsat Gerung dengan disaksikan oleh Sekda Provinsi NTB Dr. H. Iswandi, Tim Pembina Samsat serta masyarakat yang datang dari penjuru NTB pada pelaksanaan kegiatan Gebyar Pajak Kendaraan Bermotor yang digelar oleh Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi NTB di Lapangan Supersemar, Tanjung, Lombok Utara pada Minggu (24/11/2019).

Samsat Gerung resmi meraih sertifikasi ISO setelah melalui serangkaian proses. Samsat Gerung resmi menyusul 2 Samsat yakni Samsat Mataram dan Samsat Praya yang telah lebih dulu meraih ISO 9001:2015. Hal ini menguatkan komitmen Bappenda NTB serta Tim Pembina Samsat khususnya dalam melaksanakan penyelenggaraan pelayanan publik yang optimal

ISO adalah singkatan dari International Organization for Standardization yang merupakan sistem standar manajemen mutu yang dirancang untuk membantu organisasi dalam memastikan bahwa organisasi dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan stakeholdernya serta dapat memenuhi persyaratan perundangan, hukum dan peraturan yang terkait dengan produk atau jasanya.

PP No. 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan UU No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik menjadi salah satu dasar hukum penerapan dan pentingnya ISO. Dimana dalam pasal 12 disebutkan bahwa sistem pelayanan terpadu diselenggarakan dengan tujuan memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada masyarakat, mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, memperpendek proses pelayanan, mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti dan terjangkau, serta memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Tujuan penerapan SMM ISO 9001:2015 ialah agar tata kelola pemerintahan akan berjalan baik karena organisasi akan selalu melakukan perbaikan berkelanjutan, sistem pengendalian intern juga akan lebih mudah diimplementasikan karena prinsip-prinsip yang terkandung di dalamnya juga terelaborasi dalam ISO 9001:2015, untuk memperbaiki mutu pelayanan kepada pelanggan atau stakeholder serta kinerja organisasi dapat ditingkatkan dan konsisten karena adanya SOP yang menjadi pedoman pelaksanaan kegiatan. (hms/bpnd)

Share :


Berbagi itu indah !!