Close
  • Email utama

    bappenda@ntbprov.go.id
  • Call Center

    1500186
  • Berita
  • /
  • Berita Bappenda Provinsi NTB

Tak Perlu Rogoh Kocek, Bayar Pajak Bisa Pakai Sampah

Beberapa waktu lalu, lebih tepatnya pada Minggu (24/11/2019) dalam kegiatan Gebyar Pajak Kendaraan Bermotor yang berlangsung di Lapangan Supersemar, Tanjung, Lombok Utara telah diluncurkan inovasi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) menggunakan sampah yang diinisiasi Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi NTB bersama Ditlantas POLDA NTB dan PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang NTB selaku Tim Pembina Samsat NTB bekerjasama dengan Bank Sampah NTB dan Bank NTB Syariah.

Adanya inovasi baru ini diharapkan dapat memberi edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, menyadarkan masyarakat bahwa sampah bermanfaat termasuk untuk membayar pajak kendaraan bermotor serta memotivasi masyarakat untuk mulai memilah sampah dari rumah. Inovasi tersebut juga merupakan upaya dalam mendukung program Zero Waste (bebas sampah) guna mewujudkan NTB Asri dan lestari serta menggencarkan Gerakan Nasional Pilah Sampah Mulai dari Rumah Tangga.

Kasubbid Administrasi dan Pelayanan Pajak Daerah Bappenda Provinsi NTB Rabiatun Adawiah, menjelaskan mekanisme pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan sampah simpel saja.

"Prosesnya simpel karena masyarakat hanya perlu datang membawa sampahnya untuk bayar pajak kendaraan ke satu tempat yaitu ke Bank Sampah untuk ditabung, tidak perlu lagi ke Samsat", jelasnya.

Masyarakat atau dalam hal ini Wajib Pajak (WP) yang ingin membayar pajak kendaraannya dengan sampah dapat mendatangi Bank Sampah Unit (BSU) terdekat dari tempatnya tinggal dengan tidak lupa membawa sampahnya yang telah dipilah, fotokopi STNK, KTP, serta menyerahkan nomor ponsel yang dapat dihubungi. BSU memberikan fasilitas tabungan penjualan sampah di rekening Bank NTB Syariah. Lalu jika jumlah tabungan sampah mencukupi untuk pembayaran pajak, BSU melakukan pembayaran pajak ke Samsat Zero Waste. Kemudian WP bisa mengambil STNK di BSU tempat WP menabung sampahnya. Untuk mengetahui informasi terkait daftar BSU yang ada di NTB, bisa diakses melalui website Bank Sampah Bintang Sejahtera NTB di situs www.bintangsejahtera.co.id. (hms/bpnd)

Share :


Berbagi itu indah !!