Close
  • Email utama

    bappenda@ntbprov.go.id
  • Call Center

    1500186
  • Berita
  • /
  • Berita Bappenda Provinsi NTB

Tingkatkan Kompetensi Agen Samsat Diberi Pembekalan

Bidang Pengendalian dan Pembinaan pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi NTB menggelar kegiatan pelatihan agen samsat dan pelatihan petugas sosialisasi yang melibatkan agen samsat, pendamping desa, tim sosialisasi samsat se-pulau Lombok yang dilaksanakan pada Senin (9/12/2019) di aula kantor Bappenda Provinsi NTB, di Mataram.

Kegiatan tersebut diisi dengan pemaparanmateri dari Kabid Pengendalian dan Pembinaan Bappenda Provinsi NTB M.Ikhwan terkait dengan dasar hukum dan tugas-tugas agen samsat dalam melakukan penagihan tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB) pada wajib pajak. Selain itu pemaparan juga disampaikan oleh Kasubbid PKB dan BBNKB Bappenda Provinsi NTB Lalu Ahmad Kadar terkait dengan penghitungan PKB, BBNKB serta NJKB. Sementara itu Kasubbid Pengembangan Teknologi Informasi Pendapatan Bappenda Provinsi NTB Sena PUja juga menyampaikan materi terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan agen samsat.

Kegiatan pembinaan dan sosialiasi ini merupakan upaya dalam rangka memperkuat komitmen agen samsat dalam melaksanakan tugasnya serta meningkatkan kompetesi para agen samsat. Agen samsat berperan pentting dalam menekan angka tunggakan pajak yang belum dibayarkan oleh wajib pajak. Agen samsat telah diberikan wewenang yang tercantum dalam SK Bupati dan SK Kepala Unit Pelayanan Pajak Daerah yang memiliki tugas dan fungsi melakukan sosialisasi terkait samsat, pendataan kendaraan bermotor langsung terjun ke masyarakat di desa atau kota, serta melakukan penagihan tunggakan pajak kendaraan bermotor.

Share :


Berbagi itu indah !!