Close
  • Email utama

    bappenda@ntbprov.go.id
  • Call Center

    1500186
  • Berita
  • /
  • Berita Bappenda Provinsi NTB

Program Samsat Zero Waste Ingin Tumbuhkan Gerakan Pilah Sampah Dari Rumah

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi NTB Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si mengungkapkan bahwa adanya program Samsat Zero Waste yang memungkinkan masyarakat melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) menggunakan sampah yang diinisiasi Bappenda Provinsi NTB bersama Tim Pembina Samsat dan Bank Sampah NTB bertujuan untuk memberi edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan serta memotivasi masyarakat untuk mulai memilah sampah dari rumah tangga. Hal tersebut dibahas dalam rapat tindak lanjut program Samsat Zero Waste yang dilaksanakan di ruang rapat Sekretaris Bappenda Provinsi NTB di Mataram pada Senin (13/1/2020).

"Layanan khusus Samsat Zero Waste ini tujuannya bukan untuk menarik penerimaan uang pajak. Melainkan untuk menumbuhkan gerakan masif dalam masyarakat untuk memilah sampah dari rumah, disamping untuk menumbuhkan kesadaran taat pajak", terangnya.

Untuk memperkuat program Samsat Zero Waste tersebut, lebih lanjut ia mengungkapkan agar program tersebut diikuti dengan pemberian insentif pajak kepada masyarakat yang mau memilah sampah dan menabung di bank sampah. Insentif pajak tersebut yang masih sedang digodok nanitnya dapat berupa diskon jumlah pembayaran pajak atau dengan pembebasan denda bagi wajib pajak yang menunggak.

Sementara itu masyarakat atau dalam hal ini Wajib Pajak (WP) yang ingin membayar pajak kendaraannya dengan sampah dapat mendatangi Bank Sampah Unit (BSU) terdekat dari tempatnya tinggal dengan tidak lupa membawa sampahnya yang telah dipilah, fotokopi STNK, KTP, serta menyerahkan nomor ponsel yang dapat dihubungi. BSU memberikan fasilitas tabungan penjualan sampah di rekening Bank NTB Syariah. Lalu jika jumlah tabungan sampah mencukupi untuk pembayaran pajak, BSU melakukan pembayaran pajak ke Samsat Zero Waste. Kemudian WP bisa mengambil STNK di BSU tempat WP menabung sampahnya. Untuk mengetahui informasi terkait daftar BSU yang ada di NTB, bisa diakses melalui website Bank Sampah Bintang Sejahtera NTB di situs www.bintangsejahtera.co.id. (hms/bpnd)

Share :


Berbagi itu indah !!