Close
  • Email utama

    bappenda@ntbprov.go.id
  • Call Center

    1500186
  • Berita
  • /
  • Berita Bappenda Provinsi NTB

UPTB UPPD Dompu Gencar Sosialisasi Samsat Zero Waste, Samsat Delivery dan TMDU

Unit Pelayanan Pajak Daerah Dompu melaksanakan sosialisasi terkait dengan Samsat Zero Waste, Samsat Delivery dan upaya mengurangi wajib pajak yang tidak membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) atau yang disebut Tidak Melakukan Daftar Ulang (TMDU) di Halaman Kantor Samsat Dompu pada Kamis (12/3/2020) dengan dihadiri oleh Bupati Dompu, Kapolres Dompu, Dandim Dompu, Direktur PT. Jasa Raharja (Persero) Provinsi NTB Perwakilan Bima, Camat, Lurah dan Kepala Desa juga SKPD lainya di Kabupaten Dompu.

Bupati Dompu Drs. H Bambang M Yasin yang juga membuka kegiatan sosialisasi tersebut, berharap agar sosialisasi terus digencarkansehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak untuk kepentingan mendukung pembangunan daerah khususnya Kabupaten Dompu.

Dalam sosialisasi tersebut, masyarakat diharapkan dapat menggunakan Samsat Zero Waste dan Samsat Delivery untuk membayar pajak kendaraan. Kedua inovasi Bappenda Provinsi NTB dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor tersebut semakin memudahkan masyarakat dengan memanfaatkan smartphone.

Adanya Samsat Zero Waste memungkinkan masyarakat menabung sampah dan menggunakannya untuk membayar pajak kendaraannya. Hal ini dilakukan untuk mendorong masyarakat mulai memilah sampah dari rumah tangga, disamping untuk memanfaatkan sampah untuk membayar PKB. Sementara itu Samsat Delivery merupakan aplikasi mobile yang memungkinkan masyarakat membayar pajak kendaraannya kapan saja dan di mana saja seperti halnya memesan makanan secara online. Aplikasi Samsat Delivery dapat diunduh secara gratis di play store atau apps store.

Diharapkan dengan dua dari beragam jenis inovasi Bappenda Provinsi NTB dalam pelayanan PKB tersebut dapat terus meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar PKB serta dapat menekan angka TMDU. Sosialisasi ini juga merupakan bentuk upaya Bappenda Provinsi NTB dalam memperkuat kerjasama dan sinergitas Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dan perangkat desa dalam mengimpun Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang nantinya akan berkontribusi kembali pada Kabupaten/Kota melalui Dana Bagi Hasil yang diterima oleh Kabupaten/Kota guna mengoptimalkan pembangunan daerah.

Share :


Berbagi itu indah !!