Close
  • Email utama

    bappenda@ntbprov.go.id
  • Call Center

    1500186
  • Berita
  • /
  • Berita Bappenda Provinsi NTB

Petugas Samsat Panda Bima Sampaikan Surat Pemberitahuan TMDU

Petugas Samsat Panda Bima melaksanakan penyampaian Surat Pemberitahuan TMDU di Desa Dadibou-Woha dan Desa Darussalan-Bolo pada Selasa (12/5/2020). Surat Pemberitahuan Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (TMDU) merupakan surat yang diberikan kepada wajib pajak yang tidak aktif kendaraannya, yang masa berlaku pajaknya mati/lewat dari satu tahun atau lebih.

Mengingat kendaraan yang tidak melakukan registrasi ulang selama dua tahun sesuai masa berlaku STNK atau tidak bayar pajak, terancam dihapus dari daftar registrasi kendaraan. Aturan penghapusan registrasi serta identifikasi kendaraan bermotor tersebut telah diatur dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan pasal 74 ayat 2 huruf A.

Pemberian surat pemberitahuan TMDU ini merupakan upaya untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam memenuhi kewajiban pajaknya serta upaya untuk menekankan pentingnya Registrasi dan Identifikasi (Regident) kendaraan yang salah satu diantaranya bertujuan untuk menjamin keabsahan kendaraan bermotor dalam rangka mewujudkan perlindungan dan kepastian hukum.

Untuk itu, bagi wajib pajak yang pajak kendaraanya telat dibayarkan dapat memanfaatkan keringanan/insentif Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) berupa pembebasan denda dan pembebasan Pokok PKB di atas lima tahun yang berlaku sejak 1 April 2020 sampai dengan 31 Mei 2020.

Share :


Berbagi itu indah !!