Close
  • Email utama

    bappenda@ntbprov.go.id
  • Call Center

    1500186
  • Berita
  • /
  • Berita Bappenda Provinsi NTB

Tim Pembina Samsat Gelar Samsat Berbagi 2020

Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) NTB bersama dengan Tim Pembina Samsat NTB lainnya yakni Jasa Raharja NTB dan Ditlantas Polda NTB pada tahun 2020 ini kembali menggelar kegiatan bertajuk Samsat Berbagi yang dilaksanakan pada Selasa (19/5/2020). Samsat Berbagi merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap bulan Ramadan oleh Tim Pembina Samsat.

Terdapat sejumlah 1000 paket takjil yang dibagikan kepada masyarakat di sejumlah unit-unit layanan Samsat Keliling dan juga di sejumlah titik di Kota Mataram diantaranya di Sweta, Cakranegara dan Ampenan. Selain untuk tujuan berbagi, kegiatan ini juga sekaligus bertujuan untuk sosialisasi protokol pencegahan Covid-19 serta sosialisasi terkait dengan Pergub No. 17 berkaitan dengan pemberian insentif/keringanan berupa Pembebasan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) serta pembebasan pokok PKB diatas 5 tahun yang telah berlangsung sejak 1 April hingga 30 Mei 2020, disamping untuk meningkatkan kesadaran dan ketaatan dalam membayar PKB.

Pemberian keringanan berupa pembebasan denda tersebut merupakan upaya Pemerintah Provinsi NTB Untuk meringankan beban masyarakat dalam masa status siaga darurat bencana non alam Corona Virus Disease (Covid-19) di NTB.

Peraturan Gubernur NTB No. 17 Tahun 2020 tentang bebas denda PKB dan bebas pokok PKB di atas lima tahun yang berlaku mulai 1 April 2020 sampai dengan 31 Mei 2020 meliputi:
1. Pemilik kendaraan yang telat membayar pajak kendaraannya tidak dikenakan denda.
2. Pemilik kendaraan yang menunggak pajak di atas lima tahun, hanya membayar pokok pajak 5 tahun dan tidak dikenakan denda.
3. Berlaku untuk semua kendaraan bermotor yang telah terdaftar di NTB.
4. Tidak berlaku untuk kendaraan baru dan kendaraan mutasi masuk dari luar Provinsi NTB.
5. Pembayaran PKB setelah tanggal 31 Mei 2020 dikenakan denda dan Pokok PKB sesuai dengan ketentuan Perundang-undangan.

Share :


Berbagi itu indah !!