Close
  • Email utama

    bappenda@ntbprov.go.id
  • Call Center

    1500186
  • Berita
  • /
  • Berita Bappenda Provinsi NTB

BAPPENDA SEMAKIN TERBUKA DAN INFORMATIF

7 Desember 2020 lalu, Bappenda mendapatkan gelar sebagai badan publik informatif. Gelar ini diberikan oleh Komisi Informasi Nusa Tenggara Barat sebagai bentuk penghargaaan kepada Bappenda yang dianggap telah memenuhi kewajibannya dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

                Tidak semua badan publik mendapatkan penghargaan ini. Dari 104 badan publik se-provinsi NTB, Bappenda masuk dalam ajaran 10 besar nilai tertinggi. Bersama Bappenda NTB, terdapat 14 OPD provinsi NTB lain yang masuk dalam kategori "informatif". Hal ini menunjukkan kerja keras yang dilakukan selama ini tidaklah percuma.

                Saat ini, masyarakat dapat mengakses berbagai macam berita dan informasi mengenai Bappenda lewat berbagai macam kanal informasi. Bappenda menyediakan website khusus untuk melayani kebutuhan masyarakat akan informasi yang berhubungan dengan Bappenda. Selain itu, disediakan juga media social berupa Instagram dan Facebook yang selalu rajin mengunggah berita setiap hari. Pada bulan Januari saja terdapat 300 unggahan di media sosial.

                Unggahan berisi kegiatan harian bappenda termasuk jadwal pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Tempat di mana pelayanan dilaksanakan dan waktu diadakannya pelayanan, semuanya terpampang jelas. Termasuk berbagai bentuk pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dengan tujuan mempermudah masyarakat menjalankan kewajibannya membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

                Website Bappenda juga menyediakan fitur bagi masyarakat untuk melakukan pengecekan jumlah besaran pajak Kendaraan Bermotor yang harus dibayarkannya. Semua terpampang dengan jelas. Selain itu, ada pula pelayanan call center. Di sini masyarakat dapat menanyakan informasi apapun perihal Bappenda dan berbagai jenis pelayanan yang diberikan. Bagi masyarakat yang ingin menghubungi call center dapat menghubungi nomor telepon 15000138.

                Bappenda juga menyediakan layanan informasi berbasis aplikasi whatsapp bagi masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor atau sekedar ingin mengetahui besaran pajak yang harus dibayarkan. Aplikasi whatsapp yang diberi nama SamsatApps ini dapat dihubungi lewat nomor 0811-3800-0300.

                Bagi masyarakat yang berkeinginan untuk langsung datang ke kantor Bappenda pun kami menyediakan ruang khusus bernama ruang PPID. Di sini masyarakat bisa bertanya dan meminta data perihal penggunaan dana dan capaian kinerja Bappenda serta berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan Bappenda.

                Keseluruhan bentuk pelayanan Informasi ini merupakan bentuk tanggung jawab kami, Bappenda, dalam upaya memberikan pelayaan terbaik kepada masyarakat NTB. Kami ada untuk anda semua, dan akan selalu bekerja untuk kepentingan Nusa Tenggara Barat pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

                Bappenda akan terus mengupayakan perbaikan pelayanan demi memudahkan masyarakat menunaikan kewajibannya membayar pajak dan retribusi daerah. Seluruh pendapatan itu merupakan modal utama pembangunan NTB ke depan.

Share :


Berbagi itu indah !!