Close
  • Email utama

    bappenda@ntbprov.go.id
  • Call Center

    1500186
  • Berita
  • /
  • Berita Bappenda Provinsi NTB

Koordinasi Sukseskan SIGNAL (Samsat Digital Nasional)

Indonesia akan memiliki program pelayanan samsat baru yang menggantikan Samolnas (Samsat Online Nasional) bernama Signal ( Samsat Digital Nasional). Ini merupakan inovasi yang ditujukan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesamsatan.

Dalam rangka mensukseskan program signal, Bappenda Provinsi NTB mengadakan koordinasi dengan Ditlantas Polda NTB, PT. Jasa Raharja, PT.Pos pada hari Selasa, 16 Maret 2021 di ruang rapat Bappenda Provinsi NTB.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bappenda NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si, Sekretaris Bappenda NTB, Hj. Eva Dwiyani, SP, Pimpinan Kantor Cabang PT. Jasa Rajarja NTB, Sigit Harismun Kepala subdit regident Ditlantas Polda, Kompol. Bagus Nyoman Gede Junaidi, SIK, Kepala UPT Kantor Pos Mataram, Ismian.

Program Signal ini nantinya akan memudahkan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor dimanapun berada. Selain praktis, layanan bayar pajak kendaraan online ini juga ditujukan untuk mengurangi kerumunan di tengah pandemi covid.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Bappenda NTB mengajak semua pihak yang terkait untuk membangun kerjasama dan menguatkan koordinasi untuk menyambut program signal yang akan datang

"Tujuan Pertemuan hari ini untuk silahturahmi supaya kita bisa saling mengenal untuk mensukseskan tugas-tugas ini",ujarnya.

Sementara itu, PT. Pos menyatakan kesiapannya untuk menjalankan perannya sebaik mungkin.

"Kami siap melaksanakan fungsi kami sebagai delivery service dalam mensukseskan signal" tegas Kepala UPT Kantor Pos Mataram, Ismian.

Secara garis besar, signal memiliki proses kerja sebagai berikut.

Pertama, wajib pajak menginstal aplikasi signal sekaligus melaksanakan proses pendaftaran.

Kedua, melaksanakan pembayarn lewat aplikasi.

Ketiga, setelah pembayaran terlaksana, wajib pajak akan mendapatkan bukti sah pembayaran bernama e-TBPKP (tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran) yang dikirimkan langsung kepada handphone wajib pajak.

Keempat, notice STNK akan diantarkan ke alamat bersangkutan oleh PT.Pos.

Menurut rencananya, program Signal akan dilaksanakan softlaunching secara nasional pada tanggal 24 Februari 2021.

Share :


Berbagi itu indah !!