Close
  • Email utama

    bappenda@ntbprov.go.id
  • Call Center

    1500186
  • Berita
  • /
  • Berita Bappenda Provinsi NTB

BAPPENDA BANGUN KERJASAMA DENGAN PEMERINTAH KOTA MATARAM

Bappenda Provinsi NTB mengadakan acara Bimbingan Teknis pada Senin (5/4/2021) di aula Pendopo Walikota Mataram. Kegiatan dibuka oleh Kepala Bappenda Provinsi NTB Dr. Ir. H. Iswandi M. Si. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan optimalisasi dan perluasan layanan Samsat di Kota Mataram yang diselenggarakan oleh Bappenda Provinsi NTB melalui Samsat Mataram dengan melibatkan juru pungut PBB Kota Mataram yang nantinya akan menjadi petugas pendamping kelurahan dalam penghimpunan PKB.

Selain dihadiri oleh puluhan juru pungut PBB Kota Mataram, acara juga dihadiri oleh Kepala Bidang Keuangan dan Penagihan Badan Keuangan Daerah Kota Mataram, Ahmad Amrin.

Tujuan khusus dari kegiatan ini adalah membangun sinergi antara Pemerintah Kota Mataram dengan Bappenda Provinsi NTB. Upaya penguatan sinergi ini merupakan merupakan bagian penting dalam proses pembangunan Nusa Tenggara Barat. Pemerintah Kota Mataram pun memiliki kepentingan besar dalam hal ini karena 3o persen dari total pendapatan Pajak kendaraan bermotor yang dipungut Provinsi NTB akan dibagikan kepada seluruh Kota/Kabupaten se-NTB. Pembagian ini juga di dasarkan atas besarnya Kerjasama dan bantuan yang diberikan Pemerintah Kota/Kabupaten kepada Bappenda Provinsi NTB dalam upaya mengumpulkan pendapatan untuk pembangunan.

Dalam kegiatan ini dijelaskan bahwa para petugas pendamping kelurahan nantinya akan ikut berkontribusi dalam mensosialisasikan program program Bappenda Provinsi NTB khusunya dalam hal Pajak Kendaraan Bermotor atau Kesamsatan. Dukungan para petugas pendamping kelurahan inilah yang menjadi bagian dari upaya Kota Mataram dalam kontribusi Pendapatan Daerah yang bersumber dari Pajak Kendaraan Bermotor yang hasilnya akan kembali ke Kabupaten/Kota melalui Dana Bagi Hasil.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya Bappenda Provinsi NTB dalam upaya mencapai target 1 juta objek pajak aktif tahun 2021. Ini bukanlah sebuah target yang ringan. Di era pandemic dan terjadinya penurunan pertumbuhan ekonomi, Bappenda NTB justru meningkatkan target hingga lebih dari 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Ini merupakan sebuah pola pikir out of the box yang didukung oleh tekad kuat mempersembahkan kerja terbaik demi tercapainya NTB Gemilang.

Share :


Berbagi itu indah !!