Close
  • Email utama

    bappenda@ntbprov.go.id
  • Call Center

    1500186
  • Berita
  • /
  • Berita Bappenda Provinsi NTB

BERSIAP DIRI HADAPI DIGITALISASI DAERAH

Indonesia sedang berjalan menuju arah baru dalam bidang penerimaan pendapatan. Pemerintah pusat bercita-cita mewujudkan program digitalisasi segala bentuk pendapatan daerah. Dampaknya kepada daerah adalah, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah seluruh Indonesia diharuskan melaksanakan digitalisasi pendapatan secepatnya. Dalam hal ini termasuk Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Demikian dijelaskan oleh Kepala Bappenda Provinsi NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si dalam apel pagi di halaman depan Kantor Bappenda Provinsi NTB pada hari Senin (5/4/2021).

“Pemerintah Pusat sangat bersemangat mengadakan program ini. Bahkan dipusat sudah ada Satgas Perluasan dan Percepatan Digitalisasi Daerah”ujarnya.

Satuan Tugas ini direncanakan akan diperluas ke seluruh daerah di Indonesia. Di mana yang akan menjadi anggota di dalamnya adalah seluruh kepada OPD yang bertanggung jawab atas pendapatan daerah.

Untuk itulah dalam apel pagi tersebut Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si menghimbau kepada seluruh jajaran dan karyawan untuk mempelajari kemajuan digitalisasi dan dapat memanfaatkan teknologi dalam giat kerja-kerja yang dikakukan. Hal ini perlu dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah yaitu Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD). ETPD adalah upaya mengubah transaksi pendapatan dan belanja Pemerintah Daerah (Pemda) dari cara tunai menjadi nontunai berbasis digital.

Beliau juga mengungkapkan bahwa elektronifikasi atau digitalisasi bukanlah hal baru bagi Bappenda Provinsi NTB sebab beberapa tahun terakhir Bappenda Provinsi NTB telah melaksanakan digitalisasi dalam pengelolaan keuangan atau Pendapatan Daerah diantaranya dalam hal pemungutan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Terlebih lagi Bappenda Provinsi NTB telah lama memiliki Bidang Perencanaan dan Pengembangan yang di dalamnya khusus terdapat Tim IT yang terus mengupayakan digitalisasi dalam pengelolaan Pendapatan Daerah.

Layanan Bappenda (e-service) dikembangkan melalui program unggulan bappenda yang dikenal dengan e-pendapatan, yakni suatu proses digitalisasi pengelolaan pendapatan daerah Provinsi NTB dalam suatu sistem yang terintegrasi sehingga perencanaan, pemungutan, monitoring, evaluasi dan pelaporan dapat dilaksanakan secara realtime.

Share :


Berbagi itu indah !!