Close
  • Email utama

    bappenda@ntbprov.go.id
  • Call Center

    1500186
  • Berita
  • /
  • Berita Bappenda Provinsi NTB

BAPPENDA IKUTI FGD ELEKTRONIFIKASI PENDAPATAN DAERAH

Bappenda Provinsi NTB  mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Elektronifikasi yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada Kamis (1/4/2021) melalui zoom meeting. Kegiatan ini membahas program, pelaksanaan hasil penandatanganan Nota Kesepahaman Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) yang dilaksanakan 13 Februari 2020 lalu.

Tujuan kesepakatan tersebut adalah mendorong transformasi digital di daerah dan pertumbuhan ekonomi nasional melalui percepatan dan perluasan ETP pada khususnya dan transaksi pembayaran ritel di masyarakat pada umumnya untuk Indonesia Maju.

Gubernur BI menyampaikan bahwa terdapat tiga manfaat dengan percepatan dan perluasan ETP. Pertama, memperkuat efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan negara, yang pada akhirnya akan mendukung pertumbuhan ekonomi di pusat dan daerah dan inklusivitas ekonomi di pusat daerah, serta pemerataan kesejahteraan. Kedua, meningkatkan kualitas pelayanan publik, baik kecepatan transaksi keuangan, dan transparansi, serta mencegah kebocoran pelayanan publik. Ketiga, mempercepat integrasi ekonomi dan keuangan digital.

Selanjutnya, dijelaskan bahwa ETP apabila dimanfaatkan dengan baik akan menjadi sarana untuk mencapai tujuan diantaranya; 1) Deliverable Assurance, ETP menjamin bermanfaat bagi ekonomi dan masyarakat, 2) Data Utiilisation, data dapat diolah dan menjadi feedback, 3) Continous Improvement, karena data yang timely dapat digunakan untuk perbaikan terus menerus, 4) Mendukung fiskal nasional, ETP dapat  otomatisasi pemotongan pajak sehingga meningkatkan pemungutan pajak, serta 5) Mendorong perbaikan pelayanan publik dan reformasi birokrasi yang makin baik.

Di tengah semakin tingginya kebutuhan Pemda untuk meningkatkan efisiensi dan optimalisasi penerimaan daerah, serta mendorong efektivitas pengelolaan dana Pemda dengan tetap mengedepankan transparansi dan good governance, Pemerintah dan BI terus mendukung program ETP sebagai upaya mewujudkan hal tersebut. Hal ini tidak saja berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah dan perluasan akses keuangan, namun di sisi masyarakat juga meningkatkan kecepatan dan kemudahan pembayaran.

 Untuk informasi lebih lanjut mengenai program elektronifikasi transaksi pemda dapat dilihat di link di bawah ini,

https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/siaran-pers/siaran-pers-elektronifikasi-transaksi-pemda-untuk-mendorong-transformasi-digital-dan-pertumbuhan-ekonomi/

Share :


Berbagi itu indah !!